Blogger Ciapus Bogor

Cara Mengatasi SSL Handshake Failed pada CloudFlare - Error 525

Cara Mengatasi SSL Handshake Failed
Pernah mengalami server website down tidak dapat diakses seperti contoh screenshot di atas? Sertifikat ssl tidak valid atau SSL Handshake Failed - error 522, error 525. Umumnya kesalahan itu muncul ketika kita baru saja mengaktipkan SSL dari Cloudflare dan tujuannya ya untuk membuat website menjadi secure. SSL adalah singkatan dari Secure Socket Layer, dan apabila diterjemahkan, maka memiliki arti kurang lebih semacam membuat sabungan aman yang digunakan antara browser pengunjung dan sumber daya yang di kunjungi. URL Situs yang menggunakan SSL biasanya dimulai dengan https: //  Jika sertifikat dibuat dan ditandatangani sesuai dengan semua aturan yang relevan dan masa berlakunya belum kedaluwarsa, data antara browser dan sumber daya ditransmisikan dalam bentuk terenkripsi, dan tentunya tidak ada yang perlu di khawatirkan tentang kerahasiaannya. Bagi yang menggunakan CMS Blogger, kamu tidak perlu ribet memikirkan SSL. Karena kamu bisa mengaktifkannya langsung melalui pengaturan. Namun ada alasan lain yang membuat kamu tidak ingin mengaktifkan ssl dari sana. Kemudian kamu lebih mencari cara lain untuk mendapatkan Sertifikat SSL gratis selain dari google. Sepintas dalam benak kamu langsung kepikiran untuk menggunakan cloudflare, selain menyediakan layanan SSL gratis cloudflare juga dapat memberikan fasilitas tambahan untuk melindungi website dari ancaman peretasan, memungkinkan kamu dapat memblokir ip address yang mencurigakan atau menghentikan akses pengunjung dari wilayah tertentu, menjaring bot jahat, mencegah serangan attacker, dan masih banyak kegunaan lainnya. Semua tools dan fitur hebat ini bisa dinikmati secara gratis dan beberapa paket berbayar juga tersedia untuk mendapatkan fitur yang lebih canggih. Baik.. kita kembali lagi membahas soal Cara Mengatasi SSL Handshake failed. Tetapi ada yang perlu kalian ingat, bahwa metode ini hanya berlaku bagi kalian pengguna CloudFlare. Dan tak hanya untuk mengatasi SSL Handshake Failed saja. Pokoknya, untuk mengatasi semua kendala efek dari memakai server cloudflare yang membuat website atau blog kamu akhir-akhir ini menjadi lebih sering tidak dapat di akses.


Error 522 Connection Timed Out CloudFlare (Pada Website)

Sebelumnya, Mari kita cari tahu Apa Penyebab Server Website Down tidak bisa diakses?  Ciri-ciri Website Down pada umumnya hanya menampilkan halaman error. Dan biasanya error tersebut disebabkan oleh karena server cloudflare terkena time out, tidak dapat terhubung ke server asal domain kamu. Bayangkan, jika masalah itu terus berlanjut dan berkepanjangan. Apalagi kalau website kamu merupakan website aktif yang selalu di padati pengunjung setiap menitnya. Jelas sekali dampaknya kamu akan kehilangan banyak pengunjung. Mayoritas dari mereka memilih pergi meninggalkan website kamu pada detik itu juga.

Mengubah setting DNS pada Cloudflare Menjadi DNS Only

Langkah cara mengatasi sertifikat keamanan situs bermasalah. Sertifikat SSL Tidak Valid dan error lainnya pada website. Segera, perbaiki sekarang juga, sebelum kamu kehilangan banyak pengunjung yang merupakan aset berharga dan bisa dibilang bahwa pengunjung adalah jantung dari situs tersebut. Karena sebuah website tanpa pengunjung bagaikan situs mati. Dari itu untuk memperbaiki kendala yang saat ini sedang kamu alami. Silahkan ubah setting DNS pada Cloudflare menjadi "DNS Only" jika kamu belum tahu bagaimana melakukan ini. akan saya perlihatkan pada kalian bagaimana mengubah setelan DNS pada Cloudflare "Non Proxied" atau "DNS Only"  Berikut adalah panduan yang harus kalian praktikkan guna memperbaiki Server Website Error yang disebabkan karena dari server CloudFlare tidak dapat terhubung keserver domain. Perhatikan dan ikuti Step-by-step dibawah!

Step 1
Buka dasbor Cloudflare kamu dan kemudian pilih menu "DNS" Manegement DNS


Step 2
Temukan data Record CNAME yang mengarah ke website kamu di pengaturan DNS cloudflare. Selanjutnya kamu perlu mengubah icon cloudflare atau simbol awan kuning. Pastikan awan kuning tersebut berubah abu-abu. Sebagai contoh, perhatikan gambar berikut
DNS Only

Selesai sudah...
Sementara ini, Coba periksa apakah website kamu dapat diakses? Semoga website kamu sudah normal kembali..!  Tetapi jika error masih muncul, sepertinya kamu perlu mengubah pengaturan DNS di cloudflare semuanya "DNS Only"

Setting DNS pada Cloudflare menjadi DNS Only

Lihatlah gambar sebagai contoh data DNS pada cloudflare berlabel "proxied" ditandai dengan simbol awan kuning. Nah, kamu perlu mengubah semua ikon awan kuning di dalam garis merah menjadi abu-abu "DNS Only"
loading...

Masuk dengan Akun Facebook untuk mengomentari "Cara Mengatasi SSL Handshake Failed pada CloudFlare - Error 525"

Komentari dengan Akun Google

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel