Blogger Ciapus Bogor

Cara Membuat Bola Api Dari Kaleng Susu Bekas


Bermain sepak bola termasuk olah raga yang dapat menguras tenaga, tetepi tidak sedikit juga orang menganggap adalah suatu aktivitas yang sangat menyenangkan terutama bagi pencinta sepak bola atau yang hobi dengan sepak bola. Namun bagaimana jika bola yang kalian tendang mengeluarkan semburan api yang menakjubkan. Pastinya akan menjadi suatu permainan yang lebih menantang, lebih seru dan mengasyikan bukan?

Kebanyakan dari mereka membuat bola api menggunakan tempurung kelapa atau batok kelapa, atau ada juga yang membuat bola api dari rangkaian anyaman bambu dan lain sejenisnya

Pernahkah kalian mengira bahwa sesuatu barang barang bekas disekitar kita bisa dijadikan bahan untuk mainan atau untuk sekedar iseng kesenangan semata?

Contohnya seperti kaleng susu bekas
Berawal dari keisengan saya saat dulu. Jadi pada saat itu saya tidak sengaja ngopek ngopek kaleng susu bekas Terus saya bolong bolongi bagian kalengnya dan memasukan minyak tanah kedalamnya lalu memasukan kain bekas juga kedalam kaleng itu. Situasinya pada malam itu sedang gelap gulita karna seluruh aliran listrik sekitar lingkungan rumah saya sedang mati
Nah tadinya saya bermaksud membuat obor dari kaleng itu Agar diluar halaman rumah ada sedikit cahaya penerang. dan saya pun menyalakan korek api ke sumbu yang dari kain bekas di tengah lubang kaleng susu. Kaleng susu itu pun menyala Entah tahu kenapa pada saat usia masih bau kencur ketika melihat api rasanya seneng banget sampai sampai anteng mainin api yang dari kaleng susu itu

Beberapa lama kemudian api nya mulai meredup. tanpa sengaja yang tadinya saya mau melempar jauh kaleng susu itu dengan menendangnya menggunakan kaki saya ini. Tiba tiba api nya membesar menyembur bagai bola api
Awalnya sih kaget..
Dengan melihat itu dalam benak saya
" punya mainan baru yang lumayan seru nih"
Pada saat itu juga saya terus menendang nendang kaleng susu itu. Semakin keras ditendang semakin besar pula api yang menyembur
Jadi keingat film shaolin soccer
Hehe

Ketika itu saya bermain bola api sambil berandai-andai berimajinasi bahwa saya pemeran pemain sepak bola shaolin soccer yang waktu dulu  Kalian juga pasti pernah lah menonton filmnya itu
Okelah.. Langsung kita menuju langkah langkah
Cara Membuat Bola Api dari Kaleng Susu Bekas

Emang gak ada mainan lagi apa ya!
Kan banyak mainan yang lebih asyik lebih seru Tinggal instal saja aplikasi mainan semua tersedia berbagai jenis aplikasi mainan apa saja bisa kamu instal di smartfone kamu sesuka kamu sesuai selera kamu dan kesenangan kamu
                       Emang iya sih...


Tapi bermain diluar itu lebih seru lebih bergairah Ketimbang kamu males malesan berbaring di tempat tidur seharian hanya dalam kamar keasyikan mainin smartfone / tablet
  • Siapkan cukup 1 kaleng susu bekas
  • Kain bekas
  • Kawat kecil
  • Minyak tanah
  • Pisau




Di atas kaleng sudah ada 2 lubang atau 1 lubang tergantung dari merk susu tersebut dan tergantung si pembeli susu yang melubanginya. Kamu tambahin lubang tepat di atas tengah kaleng. Kirakira sebesar tutup botol air minum dalam kemasan. Atau bisa sedikit lebih besar dari itu. Lalu kalian buat juga lubang disamping kaleng Buat hingga 5 lubang disamping kaleng. Untuk membuat lubang disamping kaleng jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Jika lubang disamping kaleng terlalu kecil Api akan mudah mati
Dan jika lubang disamping kaleng terlalu besar juga tidak akan bagus hasilnya. Jadi buatlah lubang disamping kaleng seperlunya saja

Setelah kalian beres membuat lubang dikaleng. siapkan kain bekas tadi berikut dengan kawat kecil Gunakan kain bekas yang menyerap banyak minyak tanah.  Tujuannya agar tidak terlalu boros pemakaian minyak tanah. Dan kawat kecil berguna agar kain tidak mudah hancur saat terbakar Kawat kecil bisa kamu belit belit atau lilitkan pada kain tersebut. Buatlah lilitan kain dan kawat 2 hingga 3 buah saja Sesudah itu. Kamu masukan smua lilitan kain dan kawat tadi melalui celah lubang yang lebih besar diatas tengah kaleng Masukan minyak tanah secukupnya kedalam kaleng. 
                   Jangan terlalu banyak
        Sayaaang Minyak tanah...mahal



Nyalakan sudah api kedalam kaleng tersebut Tunggu sampai kain benar benar terbakar Coba tes dulu dehh
Tendang kalengnya Kalau api di kaleng membesar dan menyembur bila kalian tendang Itu berarti kalian sudah berhasil membuat bola api dari kaleng susu bekas Bermainlah jauh jauh diluar ruangan dan slalu berhati hati. Karna bisa saja api di bola kaleng itu melukai kaki kalian
Jika kaki kalian merasa sakit menendang nendang kaleng yang memang keras Gunakan sepatu yang tidak mudah terbakar Video-kan aktraksi permainan bola api kalian untuk memamerkan ke teman teman kalian dengan cara share ke media sosial hehe Gimana.. Seruuuu bukan?


Cukup sekian sampai disini. Terimakasih buat kalian yang sudah mengunjungi blog saya ini. Semoga kita bisa Jumpa lagi dilain waktu pada post berikutnya
loading...

Masuk dengan Akun Facebook untuk mengomentari "Cara Membuat Bola Api Dari Kaleng Susu Bekas"

Komentari dengan Akun Google

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel